FAQ

Here you can find any possible answers to your questions
Apa yang akan saya dapatkan dengan mengikuti PPAN?

Kamu akan menjadi duta pemuda Indonesia di tingkat internasional dengan menjalani berbagai macam kegiatan; kunjungan kehormatan ke instansi pemerintah, pertunjukan kebudayaan, belajar budaya dan kesenian negara tujuan, pengembangan masyarakat di daerah tujuan, interaksi dengan warga lokal melalui dialog dan program home stay, serta masih banyak lagi. Terdengar serius? Tidak juga, sebab semua program disesuaikan dengan karakter kaum muda yang kreatif dan dinamis.

Bagaimana seorang kandidat terpilih seleksi PPAN?

Kami memilih kandidat berdasarkan kemampuan dan rekam jejak yang baik. Proses seleksi akan menguji kompetensi, kecerdasan intelektual dan emosional, psikologi, dll. Kami bertekad menyelenggarakan seleksi yang jujur dan memperlakukan tiap peserta secara setara.

 

Jika sudah terpilih dan telah menyelesaikan program, apakah yang akan saya lakukan?

Setelah program selesai diikuti dengan baik, kamu akan bergabung dengan Purna Caraka Muda Indonesia sebagai wadah alumni. Kamu akan siap berkontribusi aktif dalam kepengurusan organisasi. Baik Kementerian Pemuda & Olahraga dan Dinas Olahraga dan Pemuda secara teratur mengadakan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang bisa terus kamu ikuti untuk mengembangkan potensi diri, memperkaya wawasan, dan memperluas jaringan.  Tentu saja, ini adalah bentuk bakti kepada Negara yang pernah kita wakili. – See more at: http://pcmijakarta.com/?page_id=17#sthash.37DDufAm.dpuf

KTP saya bukan DKI Jakarta. Apakah saya masih bisa ikut?

Tidak. KTP peserta harus KTP DKI Jakarta.

Banyak identitas yang mesti disiapkan (KK, Akta Lahir dll). Untuk apa?

Kami ingin memastikan bahwa data yang diberikan ke kami adalah valid dan benar. Pemalsuan identitas terjadi di beberapa kasus.

Bagaimana dengan nilai kompetensi bahasa asing?

Silakan memilih antara TOELF, TOEIC, atau IELTS. Sertifikat yang valid dan berlaku internasional akan sangat berguna, namun jika kamu memiliki ITP atau prediction tes maka masih diperbolehkan.

Mengapa paspor diperlukan, padahal saya belum tentu lolos seleksi?

Jika kamu lolos, maka kamu tidak akan direpotkan lagi dengan proses pembuatan paspor, sebab kamu akan banyak berurusan dengan pihak Kemenpora RI dan organisasi alumni untuk persiapan keberangkatan. Jika tidak lolos, ada banyak program pertukaran lainnya yang bisa kamu ikuti, dan paspor mutlak diperlukan. Dalam hal, peserta lolos seleksi batal berangkat, kami akan menominasikan urutan berikutnya untuk ikut program. Dalam beberapa kejadian, pemberitahuannya bisa mendadak, sehingga paspor harus selalu siap.

Bagaimana saya mengirimkan formulir dan dokumen pendukung lainnya?

Hanya formulir pendaftaran yang kamu kirimkan ke email ppan.disordajakarta@gmail.com. Hardcopy formulir dan dokumen pendukung lainnya mesti dikirimkan via pos atau diantar sendiri ke Kantor Disorda DKI Jakarta, selambatnya 27 April 2016 pukul 17.00 WIB. Silakan unduh formulir untuk melihat teknis lengkapnya.

Berapakah kuota peserta program?

Kuota program adalah jumlah delegasi yang dikirimkan dari masing-masing provinsi untuk tiap program PPAN. Kementerian Kepemudaan dan Olahraga (KEMENPORA) menentukan berapa jumlah delegasi dari masing-masing provinsi untuk masing-masing program. Jumlah delegasi di PPAN tidak harus mewakili ke 34 provinsi di Indonesia. Karenanya, setiap tahun, kuota bisa saja berubah.

Apakah PPAN program terbuka untuk perempuan dan laki-laki?

Ya. Biasanya, perbandiangan perempuan-laki-laki dalam program PPAN adalah 1:1. KEMENPORA menentukan apakah sebuah provinsi harus mengirimkan satu delegasi perempuan, satu delegasi laki-laki, atau keduanya.

 

Bagaimana jika kualifikasi saya tidak sesuai dengan kuota program?

Harap diingat bahwa kuota terus berganti tiap tahunnya. Karenanya, jika kamu tertarik untuk mendaftar ke sebuah program namun tidak sesuai dengan kuota jenis kelamin, contohnya, kamu bisa mendaftar di tahun berikutnya selama usiamu tidak melebihi batas.

Jika saya terpilih untuk suatu program, apa yang selanjutnya harus saya lakukan?

Kamu akan menjalani serangkaian pelatihan yang diselenggarakan oleh PCMI Jakarta, selanjutnya kamu akan bergabung dengan delegasi dari provinsi lain dan menjalani Pre-departure Training nasional. PCMI Jakarta akan membantu dalam persiapan program.

Apakah program PPAN bebas biaya?

Pada dasarnya, tidak ada biaya untuk mengikuti program PPAN. Program PPAN adalah hubungan G to G (Government to Government), karenanya pemerintah Republik Indonesia mensponsori kegiatan ini. Namun, akan ada beberapa pengeluaran personal yang harus ditanggung sendiri oleh peserta, seperti paspor, cinderamata pribadi, dan lain-lain. Selain itu kamu bisa mengundang perusahaan Indonesia menjadi sponsor dengan memberikan produk mereka yang khas Indonesia.

Jika saya pernah mengikuti satu program PPAN, bisakah saya mendaftar lagi?

Tidak. Kamu hanya boleh mengikuti satu program pertukaran pemuda yang diselenggarakan oleh KEMENPORA.

Saya telah lulus kuliah dan telah bekerja, bisakah saya mendaftar?

Ya, selama usia tidak melebihi batas, memenuhi persyaratan yang ditentukan dan lolos seleksi. PPAN adalah pertukaran pemuda, tidak hanya pelajar.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search