TENTANG PCMI & PPAN

Purna Caraka Muda Indonesia

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) merupakan sebuah organisasi kepemudaan yang didirikan pada tahun 1977 oleh para alumni program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh pemerintah Republik Indonesia. Dalam kegiatannnya, PCMI dilaksanakan dalam beberapa level yaitu tingkat nasional dan tingkat provinsi. Untuk kegiatan di level nasional diserahkan ke panitia pusat di provinsi DKI Jakarta sedangkan kegiatan PCMI provinsi diserahkan ke PCMI di masing-masing provinsi di seluruh Indonesia.

Pertukaran Pemuda Antar Negara

Program Pertukrana Pemuda Antarnegara (PPAN) merupakan program tahunan hasil kerja sama Pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat dan telah diadakan sejak tahun 1973. PPAN adalah salah satu program Pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan, sekaligus mempersiapkannya menghadapi tantangan global di masa mendatang. Program ini dikelola oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia. Program ini dilaksanakan pemerintah melalui Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga dengan mengirimkan duta muda terbaik Indonesia di berbagai program pertukaran. Skema pendanaan berbagai program pertukaran tersebut ditangani oleh Pemerintah Indonesia bersama dengan pemerintah negara-negara sahabat dan juga organisasi lain yang menjadi mitra program yang bersangkutan.

Di tingkat provinsi, pengelolaan administrasi program pertukaran tersebut secara resmi ditangani oleh Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) masing-masing provinsi bekerja sama dengan mitra utamanya Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) sebagai organisasi perhimpunan alumni program pertukaran. Adapun tujuan dari program pertukaran pemuda antarnegara adalah sebagai berikut (Kemenpora, 2014) :

  1. Mempererat persahabatan dan kerja sama Pemuda Indonesia dengan Pemuda dari negara tujuan.
  2. Meningkatkan rasa saling pengertian diantara masyarakat khususnya generasi muda dengan negara tujuan.
  3. Menciptakan kader-kader pemimpin bangsa yang berwawasan internasional.
  4. Memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk lebih mengenal adat-istiadat , kesenian, dan budaya di negara tujuan, tukar-menukar pengalaman serta melakukan kegiatan bersama di negara lain akan menimbulkan saling pengertian , penghormatan  dan toleransi dikalangan generasi muda.
  5. Generasi muda diharapkan mampu menciptakan jaringan informasi, komunikasi dan bisnis.

Kanada

ICYEP
ICYEPIndonesia Canada Youth Exchnge Program

Korea Selatan

IKYEP
IKYEPIndonesia Korea Youth Exchange Program

Australia

AIYEP
AIYEPAustralia Indonesia Youth Exchnge Program

Tiongkok

ChiYEP
ChiYEPChina Indonesia Youth Exchange Program

Asean - Jepang

SSEAYP
SSEAYPShip for South East Asia Youth Program

Malaysia

IMYEP
IMYEPIndonesia Malaysia Youth Exchnge Program
ICYEP

Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP) merupakan program kerjasama antara kementerian Pemuda dan Olahraga dan Canada World Youth. Program ini sudah dimulai sejak tahun 1974 dengan melahirkan ribuan alumni yang berkarir di berbagai bidang baik di dalam maupun diluar negeri. Pogram ini bergerak dibidang community development dan cross culture understanding. Peserta yang terdiri dari gabungan pemuda Indonesia dan kanada berusia antara 18 sampai dengan 23 tahun akan berada di suatu daerah yang sudah ditetapkan untuk menjalankan program pengembangan masyarakat terutama dibidang lingkungan dan kesehatan. Program ini bermaksud untuk melahirkan pemuda-pemuda lokal yang mampu meneruskan program pengembangan masyarakat berkelanjutan. Youth leader in Action dan Youth leader initiative merupakan fokus program sehingga hasil akhir yang diinginkan berupa masyarakat yang mandiri itu terwujud.

AIYEP

Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) adalah Program Pertukaran Pemuda Indonesia dan Australia. Program tahunan ini sudah berlangsung sejak 1981, dengan tujuan People to people contact dan Promoting cultural understanding. Pemuda yang berhak mengikuti Program ini adalah pemuda Indonesia yang sehat secara Rohani dan jasmani yang berumur 21 s/d 25 tahun. Didalam Program peserta akan menjalani  penempatan kerja (Work Placement) sesuai permintaan dan latar belakang pendidikan masing-masing, serta tinggal bersama keluarga angkat (Home Stay) selama 2 bulan di Australia dan kemudian dilanjutkan 2 bulan lagi di Indonesia. Bukan hanya itu, peserta juga diwajibkan untuk mengadakan penampilan seni budaya (Cultural Performance) disetiap minggunya pada sekolah-sekolah.

SSEAYP

Ship for South East Asia Youth Program (SSEAYP) merupakan program yang pertama sekali dirintis oleh para pendiri negara ASEAN (Asia tenggara) pada tahun 1974.  Di Indonesia, program ini dilaksanakan di bawah koordinasi Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga. Secara umum, program ini bertujuan untuk memperkuat jejaring (network) dan pemahaman antarbudaya yang saling menguntungkan (mutual understanding) di antara pemuda Asia Tenggara dan Jepang. Di samping itu, SSEAYP itu sendiri juga dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi pemuda serta memajukan kerjasama internasional melalui pelaksanaan berbagai kegiatan selama program.

Secara umum, kegiatan SSEAYP dibagi menjadi kegiatan di atas kapal (kegiatan selama kapal berlayar, dikenal dengan sebutan “On Board Activities”.  Tahun 1974-2008 kapal yang digunakan adalah M.S. Nippon Maru, sejak tahun 2009 menggunakan kapal M.S. Fuji Maru) dan kegiatan di darat (saat kapal berlabuh, dikenal dengan sebutan “Country Program”. Negara tujuan kapal berlabuh berubah setiap tahunnya. Biasanya terdiri dari Jepang dan 5 negara ASEAN).

IKYEP

Indonesia – Korea Youth Exchange Program (IKYEP) adalah program pertukaran pemuda yang difasilitasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dengan Ministry of Gender Equality and Family Republic of Korea (Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Republik Korea). Memorandum of Understanding (MoU) di antara dua kementerian ditandatangani pada tahun 2009. Di mana pada tahun 2010, diselenggarakan untuk pertama kalinya pertukaran pemuda di antara kedua negara. Kegiatan PPIKor ini berlangsung dalam dua fase. Pertama adalah fase Korea. Kedua adalah fase Indonesia. Masing-masing fase berdurasi sepuluh hari. Aadapun yang menjadi kegiatan utamanya ialah, Courtesy Call, Kunjungan dan diskusi ke tempat-tempat kegiatan kepemudaan baik di Indonesia maupun di Korea, Homestay dan Cultural Performance.

ChiYEP

Indonesia – China Youth Exchange Program (IChYEP) pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011 atas kerjasama Kementrian Kepemudaan dan Olahraga Republik Indonesia dan All China Youth Federation. Program ini bertujuan untuk mempererat hubungan persahabatan dari kedua negara guna meningkatkan kualitas kerjasama di masa mendatang. Program ini berlangsung selama kurang lebih 14 hari, sekitar akhir Agustus hingga pertengahan Juli tiap tahunnya. Peserta dibagi menjadi 3 grup (masing-masing 33 peserta) and melakukan berbagai kegiatan seperti coutesy calls, cultural show, diskusi, social activity, dan mengunjungi beberapa UKM dan universitas di China.

IMYEP

Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia telah dirintis sejak tahun 1970, merupakan wujud upaya nyata kedua negara dalam memperkokoh hubungan antara negara Indonesia dan Malaysia. Program ini diperuntukkan untuk pemuda-pemudi Indonesia yang siap secara fisik dan mental yang berusia 23-28 tahun. IMYEP berdurasikan 14 hari, yang mana terdiri dari fase Malaysia dan fase Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi hometsay, workpalcement, courtesy call dan cultural performance.

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt

Start typing and press Enter to search